Berebut Berkah dari Grebeg Gunungan Keraton

Sebuah tradisi menarik yang tidak bisa saya temukan di Jakarta, Grebeg Gunungan Keraton Jogja dalam rangka merayakan Idul Adha 1434 H.

Usai Salat Ied di Alun Alun Utara, saya bergegas ke Keraton Jogja untuk melihat secara langsung persiapan Grebeg Besar yang selain memiliki nilai tradisi juga memiliki daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun asing.

Pukul 10.30, 7 gunungan yang berisi aneka hasil bumi ini siap dikirab menuju Mesjid Gedhe Kauman dan Keraton Pakualaman. 1 Gunungan Lanang dan 2 Gunungan Putri diarak menuju Mesjid Gedhe melalui alun alun utara. Saya memilih untuk mengikuti gunungan yang dibawa ke Mesjid Gedhe. Disana sudah berkumpul ribuan warga yang siap berebut Gunungan yang dipercaya sebagai simbol keberkahan dari Keraton.

PicsArt_1381811839744

PicsArt_1381811945179Tak perlu menunggu lama, di bawah teriknya sinar matahari siang ini, aksi Grebeg Gunungan pun dimulai. Saya memilih agak menjauh untuk mengambil foto terbaik ala kadarnya seperti ini.

PicsArt_1381812075936

Gunungan yang berisi sayuran dan hasil bumi lainnya ini sudah didoakan sebelumnya oleh para abdi dalam dan dipercaya memiliki keberkahan bagi siapapun yang mendapatkannya. Mereka percaya berkah sehat dan rejeki akan senantiasa bersama mereka jika mereka membawa pulang hasil grebeg. Entah itu untuk kemudian dimasak atau hanya disimpan bahkan ditanam di sekitar rumah mereka. Itulah kenapa mereka rela mengais sampai tak sedikitpun bersisa.

PicsArt_1381812469860

PicsArt_1381849180012

Ditengah kehebohan, seorang bapak bersedia memberikan hasil rebutannya untuk saya :’)

PicsArt_1381812179998

Akhirnya pun, simbol berkah yang saya dapatkan tadi kembali saya serahkan ke si mbok. Karena berbagi itu indah. Seperti yang dilakukan mbok-mbok ini :’)

PicsArt_1381812628607

Selain warga yang berebut gunungan, banyak juga mereka yang berebut mengambil foto seperti ini. Dan saya salah satunya🙂

PicsArt_1381812283729

– Keraton – Alun Alun Utara – Mesjid Gedhe Kauman, Jogjakarta, 15 Oktober 2013 –

Leave a Reply

