#MakanSiangCeria Bareng Anak-Anak Luar Biasa

Anak-anak ini memang luar biasa. Sungguh.

Pertama kali ketemu mereka secara nggak sengaja di hari pertama saya menginjakkan kaki di Jogja. Dari jumpa pertama di asrama mereka di SLB Giwangan, saya tahu saya harus punya waktu lebih lama bermain bersama mereka.

Tibalah hari ini.

2 mini bus siap mengangkut sekitar 40 anak (dan bukan anak) penghuni SLB Giwangan menuju Lesehan Sego Wiwit di Dsn Nambongan Ring Road Barat. Lesehan bukan sekedar lesehan, Sego Wiwit ini sudah seperti Desa Wisata dimana pengunjung bisa memancing, main bebek air, outbond, berenang dan kegiatan seru lainnya yang cocok untuk liburan keluarga. Memang tempat seperti inilah yang dicari. Membawa mereka keluar sejenak dari asrama dan rutinitas yang membosankan.

30 menit perjalanan dari asrama di Giwangan menuju Dusun Nambongan. Kami tiba sebelum jam makan siang. Sengaja memang, karena maunya anak-anak bisa main dulu. Dan tebak apa yang kami lakukan? Karaoke! Iya, sebagian besar dari mereka hobi nyanyi ternyata. Mulai dari dangdut ala Sagita Grup sampai Band Ungu. Saking senangnya, mereka nggak mau berhenti nyanyi sampai harus dipaksa karena santap siang sudah siap.

PicsArt_1381207386041 (1)

Dengan menu sederhana, kami semua makan bersama. Mungkin ini adalah menu makan siang paling nikmat selama saya di Jogja :’)

Selesai makan, mereka semua dengan semangatnya bermain air di kolam renang yang notabennya kolam cetek untuk anak-anak kecil. Ah siapa peduli. Kami juga kan anak-anak kecil😛

PicsArt_1381207786209

20131006_130022

20131006_130109

Ini Ibu Estuti, salah satu guru sekaligus pendamping mereka

Ini Ibu Estuti, salah satu guru sekaligus pendamping mereka

Serius. Dari awal liat anak-anak ini begitu bersemangat menggendong tasnya masing-masing memasuki bis sampai saat mereka tak henti-hentinya tertawa bermain air, satu hal terus terlintas di benak saya. “Alhamdulillah, I did it!” Nggak sesulit itu kok membuat mereka tertawa. Justru saya harus bilang merekalah orang paling jujur. Jujur mengekspresikan perasaan mereka apa adanya. Jadi, ketika mereka tertawa, saya tahu itu datang dari lubuk hati mereka yang terdalam. Tidak perlu lagi dipertanyakan.

Dan siapa yang lebih berbahagia dari mereka? Sudah pasti saya!

PicsArt_1381207954786

– Dusun Nambongan, Ring Road Barat, 6 Oktober 2013 – 

Additional Info: Sekolah luar biasa ini mendidik sekitar 40an anak-anak luar biasa mulai dari tingkat SD hingga SMA. Dan sekolah ini merupakan sekolah asrama. Mereka datang dari latar belakang keluarga yang berbeda, dari keluarga mampu hingga tidak mampu, juga dari berbagai wilayah bahkan luar Jogja. Sistemnya disini ya subsidi silang. Tapi bisa ditebak, kebanyakan adalah mereka yang datang dari keluarga tidak mampu. Begitu mereka sudah lulus, banyak keluarga yang “lupa” mengambil anaknya atau ingat untuk mengambil kembali anaknya untuk dipekerjakan secara tidak seharusnya, seperti pembantu atau bahkan pelacur. Nah, menjadi pekerjaan rumah siapakah ini?

Perkenalkan, teman baru saya Azkia.

Perkenalkan, teman baru saya Azkia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s