Meet Smile for Children Jogja

Sejak awal merencanakan perjalanan #kaburcantik ini memang terpikir oleh saya untuk cari kesempatan berinteraksi dengan komunitas-komunitas sosial yang ada di Jogja. Untuk mengobati rasa kangen saya dengan anak-anak dan kegiatan Dilts Foundation, tentu saja.

Saya percaya Tuhan selalu mengatur langkah kemana kita pergi. Hari Minggu ini saya berencana gowes ke #GelarSeniTradisi yang ada di Taman Budaya Yogyakarta dalam rangka rangkaian gelaran HUT Yogyakarta. Saya bertahan menikmati tari-tarian tradisional yang digelar. Begitu masuk ke pertunjukan Wayang Wong, saya merasa terpojok karena saya tidak mengerti sama sekali apa yang mereka katakan atau bahkan perdebatkan. Saya putuskan untuk kembali menggowes entah kemana.

Begitu melewati kawasan titik 0KM, ada keriaan yang tak biasa disana. Sebuah komunitas sosial yang peduli nasib anak di Jogja sedang mengadakan acara fundraising. Merekalah Smile for Children @SFCjogja. Ada pertunjukan seni tari dari beberapa anak panti yang mereka bina sekaligus lelang hasil gambar dari anak-anak ini.

small action for big differences

Ngobrol cukup mendalam dengan salah satu dari mereka, membuat saya terus bertanya dan ingin tau lebih lanjut tentang mereka dan juga issue anak di Jogja. Karena sejauh ini saya ndak melihat tipikal issue anak jalanan seperti di ibukota. Ternyata memang tidak ada. Mereka semua dipelihara baik itu di yayasan sosial maupun panti-panti. Meskipun masih ada beberapa anak yang turun di jalanan, itupun di malam hari karena pagi dan siangnya mereka masih bersekolah formal. Dan kebanyakan dari mereka pun turun ke jalan karena tuntutan dari orang tua. Memang berbeda issuenya.

SFCjoga tidak membina secara langsung anak-anak ini melainkan menggandeng yayasan dan panti asuhan-panti asuhan yang ada. Kegiatan mereka pun kurang lebih sama seperti Dilts Foundation, yaitu memberikan anak-anak ini kesempatan untuk berkarya dan berekspresi dengan mengadakan pementasan drama, ajak nonton di bioskop, outbond, dll. Menarik dan akan selalu menarik jika kita berbicara tentang anak.

Ternyata di Jogja ini cukup banyak juga komunitas yang peduli akan anak-anak. Dan mereka semua berada di bawah satu forum yang mewadahi sekaligus menjembatani semua kegiatan yang mereka lakukan yaitu Forum Jogja Peduli.

Ohya, saya juga ndak sanggup nolak untuk ikutan lelang hasil gambar anak-anak ini. And I won this one!

PicsArt_1380609714054

Sangat menyenangkan sekali bertemu orang-orang seperti SFCjogja. Sebetulnya kesempatan seperti inilah yang saya tunggu-tunggu sejak menginjakkan kaki di Jogja.

– Titik 0KM, Jogjakarta, 29 September 2013 – 

Leave a Reply

