Menjawab Penasaran #PasarYakoban

Bermodalkan rasa penasaran yang menyerang sejak pertama informasi #PasarYakoban atau #PasarYakopan (entah mana yang benar) beredar di linimasa, akhirnya sore ini saya bulatkan tekad untuk mencari  Bentara Budaya Yogyakarta, lokasi gelaran ini diselenggarakan. #PasarYakoban ini sudah digelar sejak tanggal 24 sampai 28 Sept 2013.

Via nebeng motornya Mas Daris sampe Taman Budaya (karena dia salah mengerti) hingga taksi yang juga kurang paham dimana Bentara Budaya, akhirnya sampai juga saya di lokasi ini. Ternyata tidak lain tidak bukan adalah kantornya Kompas. Jadi #PasartYakoban ini diambil dari nama pendiri dan pemilik Kompas Gramedia, Bapak Jakob Oetama. Nah Bentara Budaya ini diresmikan oleh beliau 31 tahun lalu. Kemudian tersebutlah tradisi #PasarYakoban yang tahun ini digelar dalam rangka HUT Bentara Budaya Yogyakarta yang ke 31 tahun.

Ada apa saja di #PasarYakoban? Ada pameran dari berbagai komunitas menarik seperti komunitas audio lawas, komunitas klithikan alias barang-barang lawas yang mungkin usianya lebih tua daripada usia saya, juga  barang-barang menarik lainnya hasil karya para seniman Jogja. Bergeser keluar ruangan, di halaman Bentara Budaya berjejer makanan dan minuman tradisional yang dijajakan. Juga ada panggung minimalis dengan pertunjukan yang menghibur para pengunjung. Konsep keseluruhannya ingin mengajak kita menikmati pasar tradisional masa lalu.

PicsArt_1380531842357

Sejam berlalulalang di #PasarYakoban, saya sudah mengantongi dompet kulit, popscard lucu dan kaos bertuliskan entah Srikandi atau Widodari (bahkan proses jual beli ini berakhir dengan debat internal antara mas-mas penjual. Maaf karena bertanya ya). Sayang saya harus melewatkan malam spesial Koes Plus di panggung hiburannya.

Masih di #kaburcantik🙂

– Kotabaru, Jogjakarta, 26 September 2013 –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s