Now Showing Street Ballad: A Jakarta Story

Sebuah film documenter karya Daniel Ziv yang katanya sangat menarik untuk ditonton. Setidaknya sahabat-sahabat saya sudah membuktikannya ketika film ini premier dipertontonkan di Jakarta beberapa waktu lalu. Saya ketinggalan saat itu. Dan begitu tau film ini akan dipertunjukkan di kota Jogja, tepatnya di IFI (Institut Francais Indonesia), tanpa pikir panjang saya bulatkan tekad untuk tidak lagi melewatkannya.

STREETBALLAD-Title-Image-text-high

5 menit pertama film diputar, pikiran saya langsung tertuju pada anak-anak jalanan binaan Dilts Foundation. Ooh how I miss them so bad!

Film dokumenter berdurasi 52 menit ini memang menarik dan patut mendapat acungan jempol. Betapa tidak, Daniel Ziv menghabiskan waktu hingga 6 tahun untuk menelurkan karya film pertamanya ini. Berkorban banyak ini itu. Namun hasilnya sungguh tidak mengecewakan. Film yang sangat jujur dengan karakter tokoh yang sangat menonjol, betul-betul merefleksikan keadaan sesungguhnya dari kehidupan seorang pengamen dan anak jalanan.

Film ini adalah versi pendek dari film lainnya yang berjudul “Jalanan” yang berdurasi sekitar 100 menit yang katanya akan tayang perdana di Festival Film di Busan akhir tahun ini. Dan katanya juga, film ini sedang diusahakan untuk masuk bioskop komersil awal tahun depan. Semoga tercapai.

– IFI Yogyakarta, 18 September 2013 – 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s