Jalan-Jalan ke Jakarta (un)Fair!

PRJ, Pestanya Rakyat Jakarta, dan pebisnis ibukota tentu saja. Gimana nggak, PRJ yang dulunya menawarkan hiburan dan pameran lokal khas jakarta belakangan justru beralih jadi ajang pameran produk-produk bergengsi. Mulai dari mie instant dan chiki-chikian seharga 10ribuan hingga motor mewah seharga ratusan juta dan kendaraan roda empat. Dengan tiket masuk seharga 25rb – 30rb. Bisa dipastikan sih sebagian besar pengunjungnya adalah yang bermobil.

Arena Pameran PRJ

Arena Pameran PRJ

Oh well, i’m not going to talk about PRJ and its politic sih. Nggak ngerti juga.

Terhitung sejak tahun kemarin, saya rajin menyambangi PRJ di Kemayoran. Alasan utamanya karena (akhirnya) ada travelmate yang juga tertarik. Bukan apa-apa, saya dan travelmate lebih tertarik pada konser musiknya yang 32 hari nonstop itu dibandingkan hal lainnya. Meski nggak bisa dibohongi juga jajanan produk lokal yang ada sungguh irresistible.

Panggung Musik PRJ

Panggung Musik PRJ

Konser Musik 32 Hari Nonstop

Konser Musik 32 Hari Nonstop

Tahun ini saja, kami sudah 3 kali jalan-jalan ke PRJ. Yang pertama (Kamis, 13 Juni 2013), demi gabung bareng Slankers dari berbagai penjuru buat neriakin “Peace, Love, Unity, and Respect”. Pengalaman jadi Slankers pertama kali ya di PRJ juga tahun lalu. For the first time ever, saya jadi bagian Slankers non AC. You know, Slankers kan dibagi 2 grup, Slankers AC dan non AC. And it was so much fun. Terbius lagu-lagu kerennya Slank plus disiram air. Sayang tahun ini Slank spesialis bawain lagu-lagu yang selow. Jadi kurang bisa loncat-loncat.

Peace, Love, Unity, Respect

Peace, Love, Unity, Respect

Kunjungan kami yang kedua (Jumat, 14 Juni 2013) demi nonton GIGI. Iya, saya kan Gigikita. Setelah tahun lalu gagal nonton GIGI di PRJ karena terlambat dan loket pun sudah tutup, akhirnya tahun ini kesampean juga. And it was awesome as usual! Dipikir-pikir kok lebih ngerock dibandingkan Slank tempo hari yah?😛

GIGI's awesomeness

GIGI’s awesomeness

Kunjungan kami ke PRJ yang ketiga (Sabtu, 29 Juni 2013) sebenernya lebih ke iseng karena we had no idea where to go. Lucky us, EndahnRhesa dan Maliq n D’Essentials dijadwalkan on stage. Wohooo! I love EndahnRhesa more.

EndahnRhesa on stage

EndahnRhesa on stage

Maliq n D'Essentials on stage

Maliq n D’Essentials on stage

Selain panggung musik 32 hari nonstop dan pameran dimana-mana, yang cukup menarik adalah pojokan playground untuk anak-anak. Untung belum digusur juga demi menjawab tuntutan para pebisnis yang kekurangan tempat pameran. Layaknya pasar malam, pojokan ini selalu ramai.

Komedi Putarnya PRJ

Komedi Putarnya PRJ

Saya harus puji tim parkir dan kebersihannya. Parkiran tahun ini saya rasa lebih baik dan tertata rapi dengan bantuan banyak tukang parkir yang juga nggak rese. Begitupun dengan petugas kebersihan yang cukup sigap.

Apapun dan bagaimana pun jadinya nanti PRJ di tahun-tahun ke depan, apakah tetap di Kemayoran atau berpindah ke Monas/Ancol, yang pasti harus dititikberatkan pada hiburan bagi rakyat Jakarta. Sayangnya kami nggak sempat mampir ke Pesta Rakyat yang katanya tandingan PRJ di Monas. Dengar-dengar sih super padet pengunjung. Oh well, Selamat Ulang Tahun ke 486 kota Jakarta. No matter what, I’m in love.

#ThanksTravelMate for taking me there and for the great pictures!

PicsArt_1372740740025

Additional Note:

Jadi kami berkesempatan kembali lagi ke PRJ di hari terakhirnya. 7 Juli 2013, Jakarta (un) Fair resmi ditutup. Dalam sambutannya, Murdaya Poo, sang komisaris JIExpo mengatakan bahwasannya jumlah pengunjung PRJ tahun ini meningkat dan mencapai 4,8 juta orang. DAN, jumlah transaksi langsung yang terjadi selama 32 hari nonstop mencapai 4,5 TRILIUN! Bangga nggak yah ikutan ambil bagian dari jumlah transaksi itu? meski cuma dari sektor perchikian, perbiskuitan dan minuman ringan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s