Berganti Tahun di Pulau Peucang – Ujung Kulon

Seperti tahun 2011 lalu dimana saya menghabiskan malam akhir tahun di sebuah Pulau Tak Berpenghuni Pulau Sempu, tahun 2012 pun saya tuntaskan dengan menikmati alam Pulau Peucang di Kawasan Ujung Kulon. Seperti perkiraan, malam tahun baruan di lokasi wisata akan selalu jadi tantangan tersendiri, dalam hal macetnya jalanan, serba mahalnya logistik dan akomodasi, padatnya manusia-manusia yang juga mencari keriaan, dan tentu saja cuaca yang kebetulan kurang mendukung. Khusus untuk trip tahun baru kali ini, tantangannya bertambah satu yaitu how to deal with this travel consultant, begitulah mereka mengklaim diri mereka sendiri sebagai “penyedia liburan yang nggak biasa ada di Banten”.

Jadi, kami memutuskan pergi dengan Liburan Banten untuk paket 3D2M di tanggal 30 Desember 2012 sampai 1 Januari 2013.

DSC05533-tile

Tak banyak yang bisa saya share dari perjalanan kali ini karena sedikitnya spot yang bisa kami jamah. Namun, beberapa hal masih menarik bagi saya pribadi. Seperti perjalanan ke Krakatau dan Karimun Jawa, perjalanan ke Pulau Peucang pun memacu adrenalin saat kami menyeberang dari Pulau Sumur ke Pulau Peucang. Saya lebih suka menyebut wisata ini adalah wisata ombak. Terombang-ambing dengan gelombang ombak yang besar, dan seakan kami kurang basah kuyup karena terjangan ombak, hujan deraspun ikut serta dalam perjalanan ini. Kehebohan itu terjadi selama 3 – 4 jam. Beberapa orang mabuk laut.

Pulau Peucangnya sendiri memang indah dengan hamparan biru air lautnya dan putih pasir pantainya. Pulau Peucang menginjinkan kita menyatu dengan alam dimana kita bisa bebas melihat dan berinteraksi dengan rusa, monyet dan babi hutan yang dengan bebasnya seliweran di sekeliling kita. Very nice! Hanya saja biaya penginapan disini terbilang cukup mahal.

Selain menikmati pinggiran Pulau Peucang, nggak ada salahnya juga kita coba trekking ke bagian dalam Pulau Peucang menuju Karang Copong. Trekking dengan waktu kurang dari sejam bisa membawa kita menikmati matahari terbenam dari lokasi yang ciamik seperti ini.

DSC_1475-tile

Keriaan tahun baru dengan pemandangan cantik kembang api juga ternyata sampai di langit Pulau Peucang. Meski menurut local guide penggunaan petasan dan kembang api dilarang disini, namun apa daya. Bukan orang Indonesia kalau selalu taat peraturan. Bahkan ada 3 kelompok yang juga siap sedia dengan perbekalan kembang apinya, menambah meriah langit malam itu.

DSC_1548-tile

Pagi baru, hari baru di tahun 2013 kami awali dengan terbangun dari kasur tipis di barak penginapan dengan pemandangan orang asing di kanan dan kiri kami. Ya, kami berbagi kamar dengan 5 orang asing lain, pria dan wanita dalam satu kamar. Mungkin itu pertanda bahwa 2013 akan membawa dan memperkenalkan kami ke lebih banyak orang-orang baru. Semoga.

Selain berbagi kamar dengan teman-teman baru, kami pun menandakan hari baru di tahun baru dengan menyambangi Cidaon dan berharap berkenalan dengan banteng yang konon katanya hobi merumput di hamparan padang rumput disana, meski ternyata tak tampak mereka bermain. Hari terakhir di Pulau Peucang pun kami manfaatkan dan paksakan untuk bisa snorkeling di beberapa spot yang ada (meski bukan spot favorite. Balik lagi, cuaca kurang mendukung. Begitupun guide-nya).

DSC05601-tile

Terlalu banyak spot yang konon katanya indah, kami lewatkan dalam kesempatan ini.  Sebut saja Pulau Oar, Pulau Handeuleum dan banyak lainnya. Tapi apa mau dikata? Apa mau diteriakin? Hehehe…

Puas tidak puas, waktu kami habis. Dan tidak semudah memasukkan koin ke dalam mainan untuk mengulang permainan yang sama. Rain has been a friend of ours,  menambah cerita kami saat perjalanan pulang dari Pulau Peucang kembali ke Sumur. Begitulah tanggal satu di bulan satu berlalu dengan sekian cerita, hal-hal bodoh, komplain, dan tawa bersama travelmate dan teman-teman baru.

Happy New Year 2013!

#ThanksTravelmate

One thought on “Berganti Tahun di Pulau Peucang – Ujung Kulon

  1. Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book in it or something. I think that you could do with a few pics to drive the message home a little bit, but other than that, this is wonderful blog. An excellent read. I will definitely be back.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s