#SoloTraveling: Ho Chi Minh City, Day 2

Bangun lebih pagi saat traveling? Itu harus. Rugi kalau waktu kita habis di kamar.
Breakfast dengan roti segede gaban sudah menanti. Ini roti khas Vietnam, peninggalan semasa jadi koloni Perancis dulu. Roti ini bisa dijadikan sandwich dengan isi mulai dari telur, sayuran, beef atau pork. you can find it like everywhere in Ho Chi Minh City.

Agenda hari ini adalah a day of Mekong River tour, presented by Kim Travel dengan biaya 210,000 vnd. Jam 7.30 am travel sudah menjemput. Perjalanan dari Ho Chi Minh ke Mekong River memakan waktu 2,5 jam. Begitu sampai di dermaga nya, My Tho, first thing on mind adalah kok warna air sungainya cokelat keruh begini yah?

Dengan local motor boat kami menyusuri Dragon Island, Phoenix Island Turtle Island dan berlabuh di Unicorn Island, yang terbesar dari yang lain. Di Unicorn Island, kami disambut dengan demo honey bee dimana kami juga dapat menyicipi honey wine, banana wine dan rice wine.

Kemudian kami diajak berjalan menyusuri desa itu dan stop di satu tempat untuk menyicipi tropical fruit dari tanah Vietnam (which is totally sama dengan buah-buah yang kita makan di Indonesia) sekaligus menikmati alunan live music khas Vietnam.

Saatnya taking a rowing boat yang terkenal di Mekong itu menuju Coconut Island. Jangan lupa put on your caping. Di Coconut Island ini kita diajak untuk tau bagaimana cara membuat coconut candy yang terkenal disini. Me don’t likey that much lah.

Time to have lunch, kami naik, hmmm entah namanya apa, let’s call it delman lah, untuk menuju tempat dimana makanan itu berada. Imo sih, lebih otentik delman milik kita😀 Di tempat makan ini, kita akan ditawari menu lain seperti ular, iguana, dan menu-menu ekstrim lainnya. Thanks but no thanks. I’ll be fine with chicken. Setelah cukup kenyang makan siang, kami bisa bersepeda dengan sepeda-sepeda tua yang tersedia untuk berkeliling kampung. Hmmm nothing special sih buat orang yang datangnya dari kampung seperti saya. Rasanya sama seperti maen sepeda di rumah. Mungkin beda bagi para turis yang datangnya dari negara-negara maju dan menjadikannya pengalaman pertama. Okay, cycling would be fine, let’s go!

Sedikit cerita dari sesama traveler yang saya temui disini. Namanya Cheryl and Andy, an Australian mother and son yang baru pertama kali nge-trip overseas. What a sweet couple!😉 Penasaran kenapa untuk trip pertama kali mereka pilih Vietnam? Katanya karena mereka ingin sesuatu dan suasana yang totally berbeda dari tempat asal mereka. Yaiya, tapi kalo buat saya, Vietnam hampir sama dengan Indonesia. Tetep Indonesia lebih bagus pastinya ;D

Oke cukup Mekong Trip-nya. Overall trip hari ini adalah 6.5 out of 10. Oops sorry😀

We’re back to the city at 5.00 pm dan ga sabar untuk jelajah malamnya Ho Chi Minh City! Night sightseeing!

Apa yang selalu menarik saya saat traveling ke luar negeri adalah jalan kakinya. Pokoknya walking down the street dari satu tempat ke tempat lain atau sekedar get lost. That’s the art of traveling, apalagi solo traveling. Malam ini, saya mencoba berjalan menyusuri Bui Vien dan sekitarnya dimana area ini adalah area para backpacker jadi banyak hal menarik yang bisa dilihat sambil pilah pilih tempat makan yang kira-kira enak.

Dan berhentilah saya di Pho Quynh (323 Pham Ngu Lao-Q.1). Ternyata pilihan saya tepat dan Pho Bo Kho  nya ini super enak. Selama ini, saya ga terlalu suka Pho yang ada di restoran Jakarta. Tapi begitu coba yang asli di Vietnam, sungguh rasanya dahsyat. Recommended karena enak dan super murah. Dengan porsi semangkuk penuh dan daging yang ga tanggung-tanggung, kita cuma perlu merogoh kocek 45,000 vnd.

Habis makan, boleh lho icip-icil kopi Vietnam yang terkenal itu. Banyak coffee shop di daerah ini. Saran saya, hati-hati kalo ga biasa minum kopi. Yang terjadi pada saya adalah cuma minum segelas ice milk coffee tapi kemudian ga bisa tidur sampai lewat dini hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s