The Luckiest Indonesian to Travel #Sydney

Ini kali pertama business trip saya ke luar negeri. Ga tanggung-tanggung, langsung nyebrang benua ke Australia. Sydney lebih tepatnya. Disanalah lokasi regional office tempat saya bekerja saat ini.

Offsite team meeting yang (sepertinya) sengaja diadakan di hari Kamis & Jumat, bikin niat extend business trip irresistible!

Sydney Opera House

“You’re the luckiest Indonesian to travel” seperti itu kira-kira  celetukan salah satu rekan kerja satu tim dari Thailand. Kenapa begitu? Rekan saya satu-satunya dari Indonesia terpaksa harus tinggal karena ada urusan yang tak kalah penting. Sebelumnya entah tahun berapa, konsultan dari Indonesia berhasil touchdown di Sydney. Tapi apa yang terjadi? He got a chicken pox! Ouch, poor him. He made it all the way from Jakarta to Sydney cuma buat ngerasain cacar air ala Aussie😀

Lalu saya berpikir, memang saya tidak pernah meragukan keberuntungan saya selama ini. Bekerja baru 5 bulan & belum berkontribusi sebanyak itu, tapi sudah berkesempatan menginjakkan kaki di negeri regional office berada. Dengan flight dan hotel yang ditanggung perusahaan, itu sudah pasti! Termasuk biaya hotel saat extend :p

Semua keberuntungan itu belum ada apa-apanya dibandingkan yang satu ini. Dikarenakan travel agent yang kurang bertanggung jawab atas tiket pulang pergi saya, memaksa saya usaha sendiri untuk dapetin tiket di H-1 sebelum keberangkatan. Dan visa pun baru jadi di hari yang sama, H-1! Lucky me, saya mendapatkan tiket Garuda Indonesia direct dari Jakarta – Sydney yang economy class. Padahal kata travel agent saya, tiket yang tersisa adalah business class yang harganya sampe USD3,000. Oh no! I don’t wanna get myself in trouble by claiming USD3,000 for my first trip. Dan tiket berangkat pun sudah ditangan. Thanks Panorama!

Lalu, apa kabar tiket pulang? No more seat available di Garuda. Dan cari tiket pulang one way harganya jauh lebih mahal. Disarankan untuk beli tiket dari Sydney karena biasanya lebih murah hingga 25%. Percaya aja dong. Dengan yakinnya, I flew to Sydney tanpa tiket kembali. And I had no problem, baik di imigrasi Jakarta maupun di Sydney. Padahal, biasanya akan timbul masalah di keimigrasian saat kita ga punya tiket pulang.  Gausah di Sydney, di Jakarta pun, bagi orang luar, mereka tidak akan diijinkan masuk ke Jakarta jika belum punya tiket pulang. Saya? Melenggang tanpa merasa bersalah :p

Tips dari saya sebagai anggota baru di tim dan untuk pertama kalinya traveling bareng the whole team adalah buat mereka impress! Caranya? Bisa jadi berbeda di setiap tim sih, tergantung culture-nya. Cara saya? Being the only lady in the team, susah susah gampang. Sebetulnya para pria ini mengerti sekali karakter wanita dalam ber-traveling. Mereka sudah terbiasa bersabar nunggu rekan kerja wanitanya yang bergerak lebih lambat terutama saat harus dealing dengan bagasi. Lama check-in nya dan lama nunggu bagasinya. Tanpa sengaja sebetulnya (balik lagi, I was so lucky), saat itu saya hanya membawa 1 koper (cabin luggage). Yah karena cuma koper itu yang saya punya. Jadi semua keperluan 5 hari, muat ga muat, HARUS muat! Itu pun udah ditambah titipan tetangga untuk sang pacar disana yang lumayan makan space. Dan berkali-kali mereka semua tanpa terkecuali bilang “I’m impressed”. Hahahaha… “saya pun impress karena bisa buat kalian impress!”😀

When it’s time to pay the bill at Sheraton on the Park Hotel, dewi fortuna kembali hinggap. Kartu kredit saya ditolak dan dengan sigapnya si bos bayarin hotel full untuk 4 malam😉 Say Alhamdulillaaaah… dan tiket pulang ke Jakarta pun diurus langsung oleh kolega di Sydney, Qantas.

So, kemana aja di Sydney? You might wanna know😉  <soon yah>

4 thoughts on “The Luckiest Indonesian to Travel #Sydney

  1. Hi

    That was me🙂 The Indonesian consultant who got chicken pox.. LOL

    I used to stay in Australia though back in high school days

    Say hi to Nat

    Cheers,
    Adhy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s