Perjalanan Ini Terasa Sangat… #balsemtrip

Masih ingat 3 nekad traveller yang 2 tahun lalu (2009) dengan nekadnya berhasil mengarungi 6 kota di Pulau Jawa dalam waktu 9 hari? Jakarta – Surabaya – Bromo – Malang – Solo – Yogya – Semarang – Jakarta. Ya kaleee hits banget😀

 
Absen setahun di 2010, now we’re back. Kami bertiga kembali nekad traveling di akhir tahun. Kali ini mungkin tidak terdengar se-ekstrim perjalanan yang lalu. Balsemtrip: Batu – Malang – Sempu. Tapi percayalah, rasanya pun ekstrim, terlebih di akhir-akhir perjalanan. Dimana kami berpikir perjalanan hampir selesai, tapi justru the story just begun.
Mau intip itinerary kami? Cekidot:

 
Dec 27, 2011
Starting point dari Stasiun Gambir. Berhubung peak season natal & tahun baru, saya sudah antri tiket kereta Gajayana 2 minggu sebelum keberangkatan. Itu pun seat-nya udah pisah-pisah. Ini nih, kenapa tiket kereta masih belum bisa beli online layaknya pesawat. Masih harus ngantri di loket -_- Harga tiket berangkat Jakarta – Malang dengan kereta kelas Eksekutif Gajayana Rp 315,000.

Killing time perjalanan darat yang lebih dari 14 jam? Daripada mati bosen & pantat tepos, main-mainlah ke restorasi. Selain bisa nongkrong & ngopi-ngopi layaknya di coffee shop, ada live hiburan juga. Karaoke! Kalo kamu beruntung, bisa enjoy suara bagus dari mas-mas yang doyan banget karaoke. Kalau udah muak, cobalah rebut mic-nya😀

*the rest of the night, better go sleep. Simpan energy untuk menggila di kota tujuan*


Dec 28, 2011
Touchdown Stasiun Malang Kota Baru. Bertanggung jawab atas tas besar masing-masing, kami menuju D’Fresh Guest House di Jl Candi Trowulan 12 Malang. Disini ikatan kami dengan angkot-angkot Malang pun dimulai. Early check-in, refreshment, lalu kami siap berkelana! FYI, D’Fresh ini guest house baru di Malang. Totally baru saat kami disana. Special rate untuk kami Rp 320,000 per night. Tanpa tambahan biaya untuk tambahan orang. Perfect!

 

Tujuan pertama Jatim Park 2. It was fun, liburan ala anak sekolah, dan memang bareng mereka. Berkelana di Batu Secret Zoo & Museum Satwa yang harga tiket terusannya Rp 75,000 (harga weekend karena libur anak sekolah), dimulai dari jam 3 sore hingga 7 malam. To be honest, Batu Secret Zoo bagus lho! Tuh kan, sebenernya kita bisa bikin wisata edukasi yang menarik kayak di luar negeri. Asal maintenance-nya juga bagus & pengunjungnya juga sadar diri untuk menjaga. Nah yang ini nih ga yakin saya -_-

The best thing dari Jatim Park 2 adalah bisa menikmati music performance dari Phawak, Native American Indian Music yang oke punya. i bought their CD and just love it!

Anyway, punya kenalan yang sekaligus bisa dijadiin guide itu cukup membantu lho. Apalagi transport juga jadi terjamin :p Sebutlah Mas Yosef, pahlawan kami. Menjemput di Jatim Park 2, dibawa ke alun-alun Kota Batu & sekitarnya, makan malam aneka kolesterol tingkat tinggi di tenda sekitar alun-alun, dan nyicip ketan yang katanya terkenal. Boleh dicoba!

 

Begitu kenyang, boleh juga jalan-jalan malam ke area atas/puncaknya yaitu Payung. Ada banyak spot nongkrong dengan pemandangan malam dari puncak. Jagung bakar jadi must have items😉

 
Dec 29, 2011
Hari kedua di Malang, masih berencana piknik ala anak sekolah & keluarga. Let’s go to Batu Selecta & Batu Night Spectacular. Sebelumnya, karena ketidakberuntungan dalam hal reservasi penginapan, jadi kami terpaksa check-in, chek-out, packing, unpack every single day. Hari kedua ini kami check-out dari D’Fresh di Malang, dan harus check-out di Baru Inn, Jl KH Agus Salim 27, Batu. Baru Inn not recommended yaa… Setuju kalau di daerah pegunungan/daerah sejuk itu ga perlu Aircon. Tapi air panas itu wajib hukumnya! Dan Baru Inn ga punya itu :((

 
Anyway, let’s move on! Dari Baru Inn, kami menuju Batu Selecta. Tiket masuknya Rp 15,000 per orang. Hujan, masih. Setidaknya ada kalanya berhenti jadi kami bisa foto-foto. Di area dagangan/oleh-olehnya, sungguh menggoda hingga tiba-tiba ingin punya kebun yang dipenuhi oleh berbagai bunga & tanaman warna-warni. Untung saya bisa tahan diri :p


Dari Selecta, kami menuju Batu Night Spectacular. Kalau kita mau bayar lebih mahal sedikit, minta tolong supir angkot dari Selecta untuk antar langsung aja ke BNS. Lumayan daripada harus naik turun angkot & ojek. Kalau kita rombongan, biasanya si supir dengan senang hati mengantar. Dengan harga tiket masuk Rp 15,000 per orang, BNS itu lebih ke pasar malam, cuma sedikit lebih niat aja permainannya. Tiket masuk itu belum termasuk tiket untuk setiap permainan. Buka dari jam 3 sore sampai jam 11 malam. Lumayan banyak permainan, tapi kami hanya tertarik dengan Rumah Hantu & Lampion Garden.


Perlu diperhatikan angkutan kembali dari BNS ke kota Batu. Ga ada angkutan umum, yang ada ojek. Itu pun mahal, ditawar Rp20,000. Kalau beruntung seperti kami, boleh nebeng angkutan carteran orang lain. Bayar juga sih.

 

Beranjak ke alun-alun Kota Wisata Batu. Jujur, alun-alun ini menarik sekali. Dibuka untuk umum dengan fasilitas yang lebih dari cukup. Bersih, indah, tertata rapi. Ada playground untuk anak-anak, ada air mancur, ada taman, dan ada Ferish Wheel (permainan kicir raksasa seperti bianglala di Dufan). Nah cuma Ferish Wheel ini yang berbayar, cuma Rp3000 per orang kok. Perlu keberanian ekstra naik Ferish Wheel, karena kita ga tau sekuat dan secanggih apa mesin dibalik kicir raksasa ini. Sekali putaran yang lamanya cuma 5 menit, berasa 5 jam😀 Oh well, beautiful night at alun-alun Kota Batu. Kita bisa menghabiskan banyak waktu cuma duduk-duduk sampai tengah malam disana.


Dec 30, 2011
Hari ketiga di Malang. Killing time di Malang dan sekitarnya, sekaligus persiapan menuju Pulau Sempu. What we did?

–  Pagi-pagi selepas check-out dr Baru Inn sebelum kembali check-in di D’Fresh -_-, ga ada salahnya coba minum susu murni KUD yang terkenal itu. Menurut saya sih, ga seistimewa itu

–  Berhubung hujan semakin deras, terpaksa makan siang di tempat yang ada di depan mata. No choice.

–  Nah, mari kita cari dessert di tempat terpisah! Di mana yah? Toko Oen! The one and only, Toko Oen! Yup, this is our second time visiting Toko Oen. Do order Oen Special dan Grand Marnier yang pake rum raisin. Uenak Sambil menyantap dessert & menikmati deras hujan di luar sana, kami menyusun rencana how to get to Pulau Sempu termasuk peralatan camping yang diperlukan. Jujur, kami belum siapkan hal-hal itu :p Namanya juga Nekad Traveller. Dari hasil googling & rekomendasi teman, ada 3 rental yang bisa kami hubungi. Sempat bikin ‘down’ saat salah satu dari mereka bilang Pulau Sempu tutup di malam tahun baru. Apaaah?!? Tenang, Jangan panggil kami Nekad Traveller kalau kami menyerah begitu saja :p

–  petualangan pertama mencari alat-alat camping, Do-Rent, beralamatkan di Jl Kedawung 15 No 91-C. Screw this people! Seenaknya ngerjain orang. Setelah di telp berkali-kali untuk order, akhirnya di telp ketiga, dia nantangin kita untuk coba datang langsung. Masih setia dengan angkot sebagai satu2nya transportasi kami ditambah jalan kaki sejauh kira2 hampir 1km (lebay), ternyata begitu kami sampai di depan pintu, kami disambut dengan muka minta ditaboknya mbak2 ini dan beribu alasan bahwa mereka ga bisa sewain saat itu karena ini itu. Ogah berpanjang lebar sama mbak2 & rental ga niat ini, kami pun balik kanan. Kesel dalam hati & ngomel sepanjang jalan sudah pasti.

–  Mari ademkan hati sejenak! Coffee lover? Java Dancer Coffee is a must visit for you! Ga cuma kopi, anykind of chocolate juga pizza enak ada disana. Tempatnya pun enak buat nongkrong. Strategis sudah pasti, secara adanya di depan hotel Tugu.

–  Setelah dikecewakan super sangat dengan Do-Rent, akhirnya petualangan kami berakhir di Kaldera Outdoor Rent, Jl Pintu Keluar Terminal Landungsari No 1. Highly recommended! Meet Mas Temon disana ya, dijamin orangnya baik hati, ramah, suka menolong dan santun😀

–  packed dengan carriel besar dari Kaldera. Kami lanjut wisata dari minimarket satu ke minimarket lainnya untuk belanja logistik dan beli gas. Susahnya pulang malem sedikit di Malang, taksi pun susah didapat. Begitu dapat, maunya tanpa argo alias nembak. Mau dikata apa?

 
Dec 31, 2011 & Jan 1, 2012
This is it! The journey just begun! Saya sudah menulis tentang perjalanan ke Pulau Sempu secara mendetail. You may check “Berganti Tahun di Pulau Tak Berpenghuni” & “Touchdown Pulau Sempu”

 

Apa yang dipikir perjalanan kali ini segera berakhir, ternyata salah BESAR! Justru cerita serunya baru dimulai. As mentioned before, 3 hari kemarin kami habiskan untuk ber haha hihi, liburan ala anak sekolah, liburan yang terlalu manis untuk wanita-wanita seperti kami, dan ternyata Tuhan punya rencana dahsyat dibalik itu semua. Save the best for the last, kata-Nya. Alrite! Mari hadapi! Yang perlu diingat, Tuhan tidak pernah memberi cobaan yang tak bisa dilewati umat-Nya. Dan kami membuktikannya! Yeaaah! Perjalanan ini terasa sangat menyenangkan in any ways😉

Let’s have a cup of coffee to relax!

 

 

Jan 2, 2012 – Extended day

“Malang, please let us go back to Jakarta yaaa… Senang berada disini, tapi bagaimanapun, kami harus kembali mencangkul di Jakarta, mengumpulkan receh demi receh untuk perjalanan selanjutnya ;)”

 
Agak ngenes rasanya kalau mengingat-ingat tiket Gajayana seharga Rp420000 yang hangus😦 belum lagi kalau ingat ngantrinya yang lama gila sebelum natal. Ah yasudahlah… *dadah-dadah ke Gajayana*

Tiket kereta api kelas bisnis Senja Malang sudah di tangan, seharga Rp275,000, ETD 13.20 WIB & ETA 06.00 WIB. Heran deh, di gerbong no 7 ini kenapa banyak banget backpacker dengan carriel segede-gede bagong. Hmmm bisa jadi mereka juga ketinggalan kereta seperti kami kemarin gara-gara jalanan dari Sendang Biru macet total :p

So, that’s it for the amazing trip we had! Hope you enjoy as we did!😉

Sampai jumpa di perjalanan kami selanjutnya!

Salam nekad!

 

3 thoughts on “Perjalanan Ini Terasa Sangat… #balsemtrip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s