Touchdown Pulau Sempu #balsemtrip

As promised, berikut detail rute dari Malang ke Pulau Sempu beserta budget:

–        dari Malang naik angkot ke Terminal Gadang (Rp 2500)

–        dari terminal Gadang ke Pasar Turen, naik elf (Rp 5000, tp ongkos ini kayaknya kemahalan deh)

–        dari Pasar Turen naik elf warna biru ke Sendang Biru (Rp 15000). Siap-siap seni melipat tubuh di angkutan ini. Ukuran elf-nya lebih kecil dari L100 yang ke arah Sukabumi dari Bogor.

–        Sampai di Pantai Sendang Biru, bayar tiket masuk (Rp 6000 untuk camping)

–        Sebelum bisa nyebrang ke Pulau Sempu, lapor perijinan dulu di kantor perwakilan cagar alam Pulau Sempu. Disini kita bakal ditanya-tanya sekaligus dinasehati banyak hal. Sebetulnya setiap orang yang mau masuk ke Pulau Sempu harus membawa surat ijin dari Surabaya. Tapi cincailah. Itu mah speak-speak doang. Bayar administrasi ke si Bapak Petugas seikhlasnya. Kami bertiga bayar Rp 20,000. Selain itu kita juga harus mengisi buku tamu, meninggalkan ktp, dan menandatangani surat pernyataan bahwa kita akan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Pulau Sempu.

–        si Bapak Petugas juga menyarankan untuk kita yang belum pernah ke Sempu untuk pakai guide. Fee-nya Rp100,000 untuk sekali antar ke tujuan. Fleksibel sih, kalo minta ditungguin sampe pulang, tinggal tambahin seikhlasnya. Tapi tak perlulah, belajar sekali seharusnya udah bisa jalan pulang :p

–        si bapak petugas juga menyarankan kita untuk pakai sepatu, apalagi di musim hujan begini, becyek ga ada ojyek. Disana ada sepatu anti licin yang dijual dan disewakan. Kami pun iya iya aja. Harga sewanya Rp 10,000 selama kita ada di Sempu. Kalau di Sempu seminggu, yah harga sewanya tetap Rp 10,000. Mau beli sekalian buat kenang-kenangan juga bisa. Harganya Rp 20,000. Eh tapi jangan remehkan masalah sepatu ini lho. Banyak yang sepatu dan sendalnya sampai rusak. Sayang kan. Lalu mereka melanjutkan perjalanan tanpa alas kaki. Ini akan sangat memperlambat perjalanan kita. Bahkan banyak yang terluka karena bertelanjang kaki. No no no! Mending keluarin uang sepuluh rebu dah :p

–        begitu ijin sudah ditangan, kita segera menyebrang dari pantai Sendang Biru ke Teluk Semut. Harga sewa perahu Rp 100,000 antar dan jemput. Kapasitas perahunya sampai dengan 15 orang. Lebih banyak lebih baik, karena patungannya lebih murah :p Hati-hati, tukang kapalnya ga mau ngangkut orang-orang yang sebelumnya ga naik kapal mereka. Misalnya begitu jemput kita di Teluk Semut, lalu ada tim lain yang mau nebeng, si tukang kapal pasti menolak. Ini namanya ikatan & janji paguyuban tukang kapal Sendang Biru #ngasal :p Catat no telp tukang kapal, lalu begitu siap dijemput kembali di Teluk Semut, tinggal telp deh dan dalam waktu 10 menit, mereka akan menjemput kita.

–        di dalam Pulau Sempu, kita ga akan keluar uang sedikitpun karena ga ada tukang jualan :p Punya duit banyak lalu mau beli air minum? Forget it! Ga ada yang jual. Berharap aja ada yang berbaik hati kelebihan stock air minum atau worst case, minumlah air Segara Anakan itu. Beberapa dari mereka beneran minum air itu lho. Beberapa hal memang ga bisa dibeli dengan uang, guys :p

–        Begitu touchdown kembali ke Pulau Sendang Biru, angkutannya sama kok seperti saat berangkat. Tapi hati-hati, angkutan elf warna biru tujuan Pasar Turen agak jarang. Jadi harus sabar menunggu.

–        ga punya alat camping lengkap atau cukup malas untuk bawa jauh-jauh dari kota asal? Don’t rich difficult people deh (baca: jangan kaya orang susah deh). Di Malang ada banyak outdoor/camping rental. Tapi jangan salah pilih. I recommend KALDERA, outdoor equipment rent yang ada di pintu keluar terminal Landungsari. Meet Mas Temon di nomor 083834016013 / 0341 588458. Facebook Kadera Outdoor Rent  atau blognya http://kalderaoutdoorrent.blogspot.com/ Highly recommended. Melayani 24 jam setiap hari. Orang-orangnya helpful, ramah, baik hati, dan informatif. Harganya standarlah.

–        Budget tersebut diatas belum termasuk perbekalan air minum, mie instan, roti, atau makanan lain yang akan dimasak. Serba salah, beli banyak makanan & minuman mubadzir & menambah beban, beli sedikit malah kurang. Tapi kalaupun lebih, mending dihibahkan kepada sesama yang camping disana yang kelihatannya kekurangan. Percuma juga kalau dibawa pulang kembali.

One thought on “Touchdown Pulau Sempu #balsemtrip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s