Apalah Arti Sebuah Nama (?)

Sungguh saya tak bermaksud mendahului Tuhan. Hanya saja saya tak lagi mampu menahan hasrat berbagi inspirasi nama indah untuk anak saya kelak. Insya Allah jika saya diijinkan.

Layaknya seorang calon ibu yang sedang mengandung, saya yang masih duduk di bangku sekolah justru mendapat ilham luar biasa. Ide akan nama indah penuh makna, bakal calon anak saya nantinya. Entah menurut orang lain, tapi menurut saya, nama ini adalah nama terbaik yang bisa saya berikan.

“Semesta Alam Raya”, dengan penambahan nama keluarga di belakangnya. Nama itu akan terdengar sangat indah. Sepenuhnya bahasa Indonesia yang lugas dengan makna yang sangat besar. Semesta+Alam+Raya = seisi dunia ini, tak hanya bumi, juga angkasa raya yang kita pun tak yakin pasti ada apa saja diluar sana. Saking luas dan tak terbatas.

Panggil saja ia Rey, asal kata dari Raya. Seperti Rei Hino si Sailor Mars di cerita Sailormoon. Ups by the way, nama Semesta Alam Raya ini untuk seorang anak laki-laki. Bagaimana dengan anak perempuan? No need to worry, I already have it😉

“Millie Banyu Bening”, yang artinya air bening yang mengalir. Bahasa Jawa yang mudah dimengerti dan mudah dilafalkan. Maknanya pun sungguh sederhana. Sesederhana air bening yang mengalir. Kebalikan dari makna si anak laki-laki yang sungguh grande. There is a reason. Kembali ke porsi masing-masing, laki-laki dan perempuan. Tanpa bermaksud membeda-bedakan jenis kelamin (yang memang berbeda), namun mereka akan menjadi sama-sama hebat dengan cara dan porsinya masing-masing. Si laki-laki yang penuh passion dan percaya diri sebagai pemimpin dan si perempuan yang kalem tapi mengalir dengan pasti menuju hilir kesuksesan. Begitulah kira-kira, hard to explain, hope you understand :p

Teringat sebuah nama indah. Yang ini sudah ada pemiliknya, seorang bayi yang baru lahir beberapa bulan lalu. “Senyum Pagi”🙂 Saat mendengar nama Senyum Pagi, saya bisa jamin, Anda akan senyum seketika.

Nah, do you know what’s happening today? Trend nama keren hasil contekan dari sinetron, trend nama modern berbau kebarat-baratan, juga trend nama indah dari buku panduan memilih nama si anak. Sorry to say, but I don’t think that’s cool. Find your uniqueness. For you and your kids’ future.

Apalah arti sebuah nama? Come on, you should think about that!

One thought on “Apalah Arti Sebuah Nama (?)

  1. I do think that.

    Mereka (anak-anak saya) pasti akan punya nama yang indah. Seindah pencipta mereka. Cuma itu yang bisa saya bayangkan sekarang😀

Leave a Reply

