Hello Net Geners!

Siapa sih Net Geners itu kakak? Net geners itu yah guwe sama temen-temen guwe😀

Sebagian orang menyebut generasi ini sebagai Net Generations (net geners), sebagian lagi menyebutnya Gen Y. Singkatnya sih Net Geners itu adalah generasi anak muda yang terdiri dari anak-anak Boomers, Generation Jones, dan bahkan beberapa (sisa) dari Gen X. Net geners ini disinyalir sebagai generasi terbesar dengan jumlahnya yang hingga 3 kali lipat dari Gen X. Yang pasti, dengan segala kekuatannya, Gen Y is taking over the world!

Untuk batasan umur, siapa saja yang termasuk net geners, masih ada perbedaan pandangan. Ada yang mengatakan batasan umur Gen Y adalah mereka yang lahir tahun 1983 – 1997, dan ada yang berpendapat mereka yang lahir 1982 – 1997. Business Week malah berpandangan bahwa anak kecil berumur 5 tahun pun masih masuk dalam generasi ini. Yang pasti, mereka adalah anak muda dan aktif dengan dunia digital. Ah, berapapun angkanya, saya jelas termasuk didalamnya😀

Mau tau karakteristik net geners? Since you read this, I know you’ll say: “Gw banget tuh!”

Berikut hasil rangkuman dari berbagai situs:

  1. Melek digital: ga heran, karena generasi ini lahir saat berbagai peranti digital sudah mulai tersedia dan mudah diakses, seperti computer, internet, notebook, bahkan tablet.
  2. Terhubung dan sosialisasi: connected – to connect – to be connected. Terutama terhubung berkat situs-situs dan juga sosial online yang memungkinkan sosialisasi menjadi lebih luas tanpa batas jarak dan waktu.
  3. Multitasking: anak jaman sekarang (terutama wanita, teteup) dirasa lebih multitasking alias mampu mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu. Misalkan sedang mengerjakan tugas disambi chatting sama temen lama, dan sesekali buka-buka profil gebetan di facebook di saat yang bersamaan.
  4. Mengkonsumsi sekaligus memproduksi informasi digital: lahir di era dimana Web 2.0 adalah net buzzword, generasi ini tidak hanya pasif sebagai penerima informasi melainkan juga berpartisipasi dalam membuat informasi itu sendiri. Ingat istilah, “we are all news maker”?

Ada juga pendapat yang mengatakan, “Gen Y has a reputation for not caring about the world the way previous generations have. While our parents protested against the Vietnam War, we seem content to sit idly by and watch. So are we apathetic or do we just feel powerless?”

Well, I  disagree with this one. Entah yah, yang saya lihat di sekitar justru anak muda sekarang masih aktif berkegiatan sosial dalam bentuk nyata. Mungkin terlihat mereka hanya berisik di dunia online tanpa ada tindakan nyata. Tapi menurut saya, berisiknya mereka di dunia maya untuk meraih dukungan secara massif untuk kemudian begitu kekuatan sudah terkumpul, mereka langsung melakukan tindakan nyata. We have the power kok😉 Gen Y has a crucial role to play in shaping the world of the future.

Oh btw, menurut Don Tapscott si penulis Grown Up Digital, ““In my view, this is the smartest generation ever,”

Damn right, sir! *wink

The Net Geners

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s