Bangkai Hijau itu Bernama Kopaja

Kopaja in a good shape

KOPAJA, salah satu alat transportasi umum yang murah meriah dan bikin gerah😀 Bagi yang belum tahu apa itu Kopaja atau mungkin belum pernah sekali pun naik Kopaja, nih saya sharing sedikit informasinya. berhubung belakangan saya juga jadi sedikit bergantung sama minibus ini.

Miring ke kiri itu keharusan

Kopaja itu singkatan dari Koperasi Angkutan Jakarta. Yah sejenis sama Metromini lah. Entah saudara jauh atau malah musuh bebuyutan. Kopaja itu sebenarnya adalah nama perusahaannya yang menyediakan jasa angkutan umum. kapasitas tempat duduknya 20-30 orang. meski kenyataannya di lapangan bisa memuat sampai 3 kali lipatnya. “Kopaja sudah miring ke kiri oleh sesaknya penumpang bergelantungan”.

Kopaja dengan segala fenomenanya punya cerita tersendiri mengiringi perjuangan para Jakarta people. Bagaimanapun bentuk dan pelayanannya, Kopaja masih dicintai banyak orang. mungkin lebih tepatnya dibutuhkan. Meski sudah hadir Transjakarta Busway yang menawarkan kenyamanan dan keselamatan lebih, namun Kopaja masih dicari penggemarnya. Habis mau bagaimana lagi, busway hanya menjangkau jalan-jalan utama dan jalan-jalan protokol. Sempat ada wacana bahwa pemerintah akan meningkatkan kualitas Kopaja, Metromini dan kawan-kawannya dengan mengharuskan semua unitnya dipasang AC. Dan bangkai-bangkai yang sudah tak layak jalan akan ditarik dari peredaran. tapi mana? sampai sekarang belum lihat tuh Kopaja ber-AC.

Kopaja yang fenomenal

Kopaja dilihat dari sisi keselamatan. Awaaaaaaay alias jauh dari kata aman. Mungkin si pengemudinya juga belum kenal sama Selamet. keadaan fisiknya sungguh-sungguh tak layak dan tak memadai. penyok sana sini, bobrok, karatan, dan lain sebagainya. Awas tetanus! itulah mengapa Kopaja lebih tepat dipandang sebagai bangkai logam yang masih bisa berjalan.

Kopaja dilihat dari sudut pandang keamanan. Sama seperti kereta ekonomi, bisa dibilang Kopaja jadi salah satu spot yang jauh dari aman, tempat dimana semua kejahatan dan kriminal bisa terjadi. Sebut saja, jambret, rampok, copet, hipnotis, pelecehan seksual, sampai exhibitionist. Yang pasti, setiap penumpang harus ekstra hati-hati.

Kopaja dipandang dari sisi si pengemudi alias lelaki di balik stir. nah ini dia tokoh pentingnya.  sosok dibalik kebut-kebutan dan ugal-ugalan. seringkali lupa bahwa mereka bawa manusia bukan kambing. bukan cuma bahaya bagi si penumpang, tapi juga bagi pengguna jalan lainnya.

Kopaja dilihat dari isu lingkungan. boro-boro ramah lingkungan, sama penumpang di dalamnya aja ga ramah sama sekali. Kopaja itu termasuk kendaraan penghasil polusi yang cukup besar. salah satu penyumbang terbesar udara hitam pekat di langit Jakarta. nyumbang dana sih boleh bang! Nyumbang kok polusi.

Nah, yang ini saya juga baru tahu dari Tante wiki (Wikipedia). jadi skema penomoran Kopaja itu diawali dengan huruf sesuai dengan wilayah kotamadya dimana Kopaja itu beroperasi dan diikuti nomor trayek.

Berhubung wilayah Jakarta terbagi 5, jadi trayek Kopaja pun terbagi jadi 5 wilayah, yaitu:

  • P untuk Kotamadya Jakarta Pusat
  • B untuk Kotamadya Jakarta Barat
  • S untuk Kotamadya Jakarta Selatan
  • T untuk Kotamadya Jakarta Timur
  • U untuk Kotamadya Jakarta Utara

Nah, coba perhatikan gambar berikut. Jangan-jangan didalamnya juga masih penuh sesak. ga akan jalan kalo belum penuh. Keneknya teriak: “Geser lagi geser lagi. Kanan kiri kanan kiri” -_-!

Kopaja Airways

Apapun dan bagaimanapun, masih banyak warga Jakarta yang bergantung pada bangkai hijau ini. Tak apalah, nikmati saja seninya menjadi bagian dari Jakarta people.

2 thoughts on “Bangkai Hijau itu Bernama Kopaja

  1. *ngakak guling-guling sambil nunjuk-nunjuk gambar “Kopaja Airways”*

    waktu nulis comment ini, saya cek ke Uncle Google untu keyword “Kopaja Airways”; and you know what.. blog post ini ada di urutan teratas.. yg artinya kalau seseorang search keyword tersebut dan klik “I’m Feeling Lucky” (bukan “Search”), dia akan langsung diarahkan ke URL ini, hehehe.. aren’t you feeling lucky? *lebay ala google abuser*

  2. damn right! i just did it. hohohoho…

    so, start from now… i’ll be proud as a passenger of Kopaja Airways! *chin up* :))

    you may ask me: “Pulang naek apa li?”
    and i’ll answer: “biasa, Kopaja Airways!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s