Liburan Impian Ala Dilts Foundation

“Libur telah tiba, libur telah tiba. Hore! Hore! Hore!”

Sabtu  lalu, 13 Juni 2009, jadwal saya stand by di rumah singgah. sudah pukul 2 siang. Sebuah pelajaran dari Ka Bayu, berapapun anak yang sudah datang, kelas wajib dimulai. mengajarkan disiplin, katanya. jadi, dimulailah kelas siang itu. setelah berdoa, untuk menghabiskan waktu, saya ajak mereka semua ngobrol. ini bagian yang saya suka. setelah lima hari berkutat dengan pekerjaan kantor dan berkomunikasi dengan orang-orang profesional, sabtu lah satu-satunya hari dimana saya bisa lepas “having a chat” yang simple tanpa banyak aturan, tapi tetap sopan yaaa. hari itu, ternyata belum semua anak-anak (yang sekolah tentunya) selesai ujian. well, meski demikian, kok aura-aura liburan sudah terasa ya? dilatarbelakangi oleh hal itu, saya mengajak anak-anak untuk mengungkapkan pendapat dan mengeksplorasi ide-ide kreatif.

Mau tau liburan seperti apa sih yang mereka impikan??? Siapa tau bisa terwujud… kan moto-nya, jangan berhenti bermimpi. Berikut sedikit petikan langsung dari tulisan mereka di selembar kertas yang berhasil saya himpun:

Robert, kelas 8:
Mau nonton MU!!!

Delfi, kelas 5:
Menurut aku sih kita berlibur ke museum aja. Alasannya, supaya kita bisa melihat kebudayaan atau sejarah-sejarah tentang jaman dulu. Bagaimana kita dijajah pada jaman Jepang, Belanda, Inggris. Selain itu, untuk menambah ilmu pengetahuan.

Wulan, kelas 4:
Hari libur aku ingin ke 21. Tujuanku kesana ingin menonton Garuda di Dadaku atau Ketika Cinta Bertasbih.

Dhea, kelas 3:
Aku ingin sekali berbagi kasih kepada Panti Jompo karena mereka membutuhkan kasih sayang dan membutuhkan hiburan. Mungkin aku dan teman-teman bisa sedikit menghibur mereka.

Mauli, kelas 8:
Kalau menurut pendapat saya, pada liburan kali ini saya inginnya yang berhubungan dengan “Global Warming” seperti menanam tumbuhan bakau (mangrove) di rawa-rawa sekitar Jakarta atau penghijauan di daerah gunung yang gundul. Entah di Bogor atau di mana saja. Pokoknya sih, saya ingin liburan yang seperti itu. Alasannya, karena bumi kita sekarang ini mulai rusak karena pemanasan global. Enak juga jalan-jalannya :p Tolong yah wujudkan…

No name:
– TMII, karena kita bisa melihat rumah adat dari seluruh daerah di Indonesia
– Nonton bareng Ketika Cinta Bertasbih, pengen tau aja gimana sih film-nya
– Monas, mau lihat teks proklamasi yang asli yang dibaca oleh Sukarno.

Ita, kelas 5:
Kalau saya ingin ke Panti Asuhan dan saling berbagi cerita serta pengalaman. Serta ingin menghibur mereka dengan cara mengajak mereka bermain.

Isma, kelas 3:
Aku ingin ke Taman Makam Pahlawan Kalibata dan nengokin pahlawan-pahlawan kita dan sekalian piknik di Taman Makam Pahlawan.

Amar, kelas 2:
Saya ingin nonton bioskop filem horor. Alasannya biar tambah berani

Devi, kelas 5:
Menurut aku sih kita ke Planetarium. Soalnya, jika kita kesana, kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dan mengenal nama-nama planet. Dan kita juga bisa mengetahui rasi-rasi bintang.

Anifah, kelas 5:
Menurut saya sih ke Ragunan, mengelilingi Ragunan. Tujuannya untuk mengetahui asal usul hewan supaya kita tahu. Tapi kalau menurut teman-teman, ga tau deh.

Aminah, kelas 6:
Saya ingin Taman Matahari Mega Mendung karena saya ingin melihat pemandangan yang sangat indah dan saya bisa berenang dan bercanda-canda dengan teman-teman DF. Dan saya ingin melestarikan alam yang sangat indah.

Vita, kelas 5:
Impian untuk berlibur:
– berjelajah ke hutan tropis, agar bisa melihat binatang liar dan agar bisa menikmatinya.
– Berenang ke Jungle, agar bisa menikmati dalamnya air kolam berenang.
– Melihat Extravaganza, karena agar bisa melihat lebih dekat daripada di TV mending melihat langsung.
– Menemui Panti Asuhan, agar bisa menghibur anak-anak disana.

Dian, kelas 7:
Impian untuk berlibur:
– Ragunan dan primata, melihat beraneka ragam monkey
– Kolam renang Snowbey Taman Mini, mau berenang.
– Nonton bareng 21, Ketika Cinta Bertasbih
– Pelabuhan Ratu, mau seneng-seneng aja.

Ica, kelas 5:
Berpetualang ke hutan:
Pada suatu hari aku berpetualang ke hutan gundul. Kami kesana mempunyai tujuan yang jelas. Kita berpetualang sambil menanam pohon-pohon di sana supaya tidak menyebabkan bencana. Contohnya: banjir dan tanah longsor. Tapi itu semua bisa kita cegah.

Dede:
Saya ingin liburan ke alam terbuka yang bisa menenangkan hati seperti puncak. Di situ kita bisa menikmati hidup yang sesungguhnya seperti apa. Asal jangan di Jakarta.
Abu Soleh, kelas 9:
Menurut saya liburan yang paling dahsyat itu ke suatu tempat yang bebas polusi ontohnya seperti alam terbuka/puncak. Agar anak-anak DF dekat dengan alam. Pokoknya jangan di Jakarta karena banyak polusi.
(Agung kelas 8; Danang kelas 7; Roni kelas 9, Danang kelas 8dan Zaka dengan liburan impian yang sama)

Danti, kelas 6:
Kalau saya ingin memberi pengobatan gratis untuk para masyarakat atau warga agar para masyarakat tidak mengeluarkan dana terlalu banyak untuk pergi ke dokter dan saya ingin melihat mereka semua sehat untuk selamanya.

Kiki, kelas 3:
– Saya ingin sekali ke Sea World. Alasannya saya ingin melihat atraksi lumba-lumba dan saya ingin ke tempat-tempat yang ada kudanil dan badak
– Planet aquarium. Alasannya karena disana asyik dan seru
– Futsal. Alasannya karena asyik, seru dan menyerukan loh
– Dufan. Alasannya karena disana banyak permainan dan bisa melihat pantai
– Bioskop. Alasannya disana bisa melihat film Ice Age
(Andre kelas 6; Rafli kelas 3; Daniel kelas 3 dengan liburan impian yang sama)

Wow… great ideas came from their mind. We’ll see mudah-mudahan salah satunya dapat terwujud. Giving them the best holiday ever :p

Cheers.

Leave a Reply

